Asuransi sebagai aspek khusus saat Anda ingin membuat gagasan keuangan. Asuransi yang banyak memunculkan ketidakjelasan penting juga, apa lagi di tengah-tengah wabah COVID-19.

Tetapi, saat menentukan perusahaan asuransi, sering ada ketidaktahuan dan kekuatiran. Apa Anda pasti tidak mau beli asuransi dari perusahaan palsu? Bila Anda beli asuransi dari sebuah perusahaan, resiko yang Anda tanggung besar sekali.

Oleh karenanya, Anda perlu lebih waspada ketika menentukan perusahaan asuransi saat sebelum betul-betul beli produk asuransi. Menurut Sales Development and Moment Manajemen Astra Life, Arief Lesmana, ada cara-cara untuk pilih perusahaan asuransi.

1. Tentukan perusahaan dengan tingkat modal berbasiskan resiko di atas 120%

Berikut sejumlah panduan pilih simbol perusahaan asuransi Astra Life yang benar dan tepat.
Hal pertama kali yang harus jadi perhatian saat pilih perusahaan asuransi ialah memerhatikan tingkat modal berbasiskan resiko, yang dikenal juga dengan RBC.

Apakah itu RBC? RBC sebagai referensi yang bisa dipakai untuk memandang kemampuan keuangan satu perusahaan asuransi.

Baiknya, perusahaan asuransi yang diongkosi secara baik mempunyai RBC lebih dari 120%.

“Kita perlu cari lebih dari 120% asuransi. Di lima besar asuransi di Indonesia, bahkan juga Astra Life semestinya aman karena telah di atas 400%,” kata Arief, Selasa (Desember 2021). Saya menjelaskan ke IDN Times pada 14 Maret. ).

RBC bisa diketemukan dalam laporan neraca yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi. Disana, Anda bisa juga memperoleh info lain mengenai asset, kewajiban, dan keuntungan tiap tahunnya.

2. Tentukan perusahaan yang mempunyai pemasar yang bagus

Saat ingin beli asuransi, umumnya Anda akan bertemu dengan agen dari perusahaan asuransi. Anda bisa manfaatkan peristiwa Anda bermasalah dengan agen untuk putuskan perusahaan asuransi yang mana Anda tentukan.

Arief menjelaskan, perusahaan asuransi yang benar dan baik umumnya mempunyai agen atau pemasar yang terjaga kwalitasnya.

“Bagaimana saya dapat pilih pemasar yang kelihatan dengan niat baik? Ada keadaan tertentu dalam asuransi ini yang ia tidak dapat menerangkan dan jawab pertanyaan yang ada dari kami.” Ucapnya.

3. Tentukan perusahaan yang legal dan bekerja baik

Berikut sejumlah panduan pilih perusahaan asuransi yang bagus dan Kewenangan Jasa Keuangan (OJK).
Tentu saja saat menentukan perusahaan jasa asuransi, Anda perlu pastikan jika perusahaan itu tercatat di Kewenangan Jasa Keuangan (OJK). Untuk menentukannya, Anda dapat lakukan penelitian lebih dulu di situs OJK atau perusahaan asuransi yang ingin dituju. Selanjutnya Anda bisa ketahui apa perusahaan itu legal.

Selainnya legal, performa perusahaan harus juga jadi perhatian. Perusahaan yang sudah kuat sepanjang beberapa puluh tahun dan mempunyai kesempatan untuk maju terus bisa mempercayai performanya.

Ini ditunjukkan dengan pengalaman mereka sepanjang tahun, jaringan yang luas, dasar yang kuat, pengetahuan yang dalam, dan ketrampilan yang terasah. Oleh karenanya, kesempatan satu perusahaan untuk pailit sangat kecil.